Kredit Mikro

JALIN UKM: Bank CIMB Niaga terus mengembangkan bisnis microfinance. Strateginya antara lain, meningkatkan jumlah unit Mikro Laju dan meluncurkan produk baru. Mikro Laju merupakan unit bisnis yang khusus menggarap pasar mikro.

Salah satu produk baru di segmen ini adalah kredit pemilikan rumah mikro (KPR mikro). Jadi, bank bukan cuma menyediakan kredit modal kerja seperti yang sudah berjalan selama ini.

Berbeda dengan KPR konvensional, bank yang sebagian besar sahamnya milik investor Malaysia ini hanya mengincar pengusaha mikro sebagai target pasar. Plafonnya mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 500 juta, dengan tenor maksimal 10 tahun. Nasabah juga bisa menggunakan kredit ini untuk renovasi rumah.

Lantaran membidik para pelaku UMKM, syarat akte pendirian perusahaan seperti pada KPR konvensional tidak mutlak diperlukan. Sebagai gantinya, calon nasabah cukup melampirkan surat keterangan usaha (SKU) dari kelurahan tempat tinggal. Dokumen ini menerangkan, nasabah adalah pelaku usaha mikro yang tidak punya penghasilan tetap.

Syarat lain, jalan di depan rumah atau ruko si nasabah bisa dilewati sepeda motor. “Bunganya cukup kompetitif,” jelas Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking CIMB Niaga, kemarin, tanpa menyebut angka persis. Ia hanya mengatakan besaran bunga KPR mikro ini mengacu kepada bunga kredit mikro, bukan KPR konvensional.

Informasi saja, bunga KPR konvensional antara 9% – 13%, sementara bunga kredit mikro bisa di atas 20% per tahun. Bank menetapkan bunga lebih tinggi karena premi risiko kredit mikro berbeda dengan KPR konvensional. “Syaratnya tidak sama,” kata Handoyo.

Siapa saja bisa mengakses KPR mikro ini. Tapi, untuk menjaga kualitas kredit, pada tahap awal CIMB Niaga lebih memprioritaskan nasabah eksisting. “Kan kita sudah mengenal baik kemampuan dan kepatuhan mereka. Rekam jejaknya kita tahu,” katanya

  1. February 21st, 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: