Potensi Batik Khas Sleman dan Peluang Bisnisnya

Sleman masih kesulitan untuk menentukan motif ciri khas batik Sleman, yang bisa dijadikan penanda bagi daerah ini. “Kesulitan tersebut disebabkan banyaknya ikon kultural yang ada, namun pada sisi lain ratusan perajin batik di Sleman  masih belum terinventarisasi dengan baik,” kata Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu.

Sedangkan mengenai batik sendiri  yang merupakan salah satu cara pembuatan bahan pakaian, selama ini berkembang dua pengertian. Pertama teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam yang dalam  literatur internasional,  dikenal sebagai teknik wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah motif-motif tertentu dari suatu kain atau bahan pakaian yang memiliki kekhasan tersendiri. Bagi Sleman, belum adanya motif batik yang khas inilah yang jadi perhatian serius Wakil Bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu.

Menurutnya, belum adanya motif batik khas Sleman ini, menjadi pekerjaan rumah yang besar, karena selama ini belum ada diskusi tentang ikon yang akan dipakai dan inventarisasi jumlah pembatik di Sleman. Motif batik khas Sleman mendesak untuk segera ditentukan, karena turut berpengaruh pada kondisi pasar batik yang selama ini diandalkan sebagai potensi ekonomi kreatif sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia 2009,” katanya

artikel lengkap di slemanonline.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: