Cara mendapatkan kredit bank untuk ukm

Banyak pengusaha yang dengan mudahnya mendapatkan suntikan dana untuk pengembangan usaha. Namun nyatanya masih banyak juga petani yang kesulitan dalam mengembangkan usaha taninya. Bagaimana sebenarnya bisa mendapatkan dana bantuan kredit sudah waktunya untuk difahami benar oleh para petani yang nota bene juga pengelola usaha di bidang sektor pertanian. Keberhasilan para petani dalam penerapan teknologi saat ini sudah tidak diragukan lagi, namun mengapa umumnya kondisi nyata usaha tani yang dikelola oleh para petani tidak juga berkembang ?

Bila ditelusuri banyak kendala yang menjadi penyebab ketidak berhasilnya para petani dalam mengelola usaha tani dengan ujung ujung permasalahan akan bermuara pada pernyataan yang bukan lagi menjadi jawaban asing dan klasik untuk didengar seputar tidak adanya modal usaha yang dimiliki oleh para petani. Perlu untuk direnungkan kembali benarkah sampai separah itukah kondisi nyata permodalan usaha tani yang dikelola oleh para petani. Di satu sisi banyak pengusaha lain yang dengan mudahnya mendapatkan suntikan dana untuk pengembangan usaha. Apapun jawaban dan kendala yang ada, yang pastinya di era sekarang ini sudah tidak lagi jamannya untuk mencari kambing hitam dan mencari cari kesalahan pihak lain tentang ketidak adanya modal usaha yang dimiliki oleh para petani karena pada kenyataannya banyak tawaran pengembangan modal usaha walaupun dalam bentuk bantuan kredit.

Menjadi pengelola usaha tani di era sekarang ini untuk bisa mendapatkan bantuan kredit dituntut mau dan mampu mengenal betul dengan kemampuan potensi diri yang meliputi kelebihan dan kelemahan dalam mengelola usaha tani. Artinya seorang pengelola usaha tani di era sekarang ini dituntut mampu untuk melakukan introspeksi diri dengan potensi usaha taninya dan menyadari betul dengan kelebihan dan kelemahan yang menjadi kendala ketidak berhasilannya dalam pengelolaan usaha tani. Dengan kata lain koreksi diri sangat diperlukan untuk pengelolaan usaha tani sekaligus sebagai kekuatan untuk membangun kembali rintisan usaha yang berfokus dari kelemahan dan kelebihan yang dimiliki pengelola usaha. Kepedulian pemerintah akan kebutuhan modal masyarakat untuk pengembangan pengelolaan usaha sudah digulirkan dengan berbagai macam jenis penawaran program bantuan kredit mulai dari bantuan kredit UKM, pemberdayaan masyarakat dan skim kredit yang akan memberikan nilai tambah pada kesejahteraan bagi masyarakat melalui pengguliran dana di beberapa lembaga perbankan yang ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksana penyaluran bantuan kredit. Seperti diketahui banyak penawaran bantuan kredit yang ditawarkan kepada masyarakat dan perlu diketahui dan difahami oleh para petani tentang lembaga penyalur dana bantuan kredit. Pilihlah lembaga penyalur bantuan kredit berfokus pada lembaga perbankan yang memberikan dukungan dana pada pengelola usaha kecil dan menengah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: