Kredit Usaha lunak untuk angkringan jogja

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Bank Mandiri menawarkan platform kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk mengakomodasi Paguyuban Angkringan Jogja Istimewa (AJI).
Cluster Manager Bank Mandiri Area Jogja DIY, Iben Basuki mengungkapkan, melalui program Corporate Social Responbility ini, pedagang angkringan dapat mendapatkan kredit mikro dengan bunga dan agunan yang ringan.
“Suku bunga yang ditetapkan hanya 6 persen setahun, atau 0,5 persen per bulannya. Platform ini merupakan produk dengan bunga terendah yang kami (Bank Mandiri) miliki, karena kami lebih berorientasi pada perkembangan usaha nasabah,” kata Iben beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, Program Kemitraan akan memberikan platform kredit ringan dengan dana maksimal Rp 20 juta. Ia mencontohkan, jika nasabah akan meminjam dana Rp 10 juta, maka setiap bulannya nasabah hanya akan membayar angsuran di kisaran Rp 300 ribu.
“Dengan nominal ini, tentunya nasabah tidak akan merasa keberatan,” katanya. Menurutnya, platform kredit ini akan sangat menguntungkan, karena suku bunga yang ditetapkan berada di bawah suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Ia mengatakan, nasabah bisa memperoleh dana dengan nominal maksimal Rp 20 juta. Namun, jika pertumbuhan usaha pedagang terbilang bagus, maka pedagang bisa mengajukan kredit dengan nominal yang lebih besar.
Dari segi agunan, lanjutnya, Bank Mandiri juga tidak menyulitkan nasabahnya. Dengan terbentuknya paguyuban angkringan, ia menghendaki nantinya ada seorang penanggung jawab yang akan menjamin pinjaman anggota-anggota lainnya.
Ia mencontohkan, paguyuban bisa menyerahkan satu agunan, minimal Surat Keterangan Usaha untuk jaminan kredit semua anggota.
“Pada dasarnya program ini seperti tanpa agunan, karena agunan tersebut nilainya tidak seberapa dibandingkan nominal yang dipinjam nasabah. Namun, karena ini program CSR, kami lebih mengedepankan perkembangan usaha UMKM,” paparnya.(Tribunjogja.com)
kredit usaha alternatif yang dapat diakses sampai 500 juta  KLIK DISINI….
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: