Batu muntilan “pesona batu merapi yang mendunia” , peluang bisnis

jalinukm (Muntilan): Membuat karya seni dari bahan dasar yang bernilai tinggi seperti emas atau berlian, mungkin sudah biasa. Di Muntilan, Jawa Tengah (Jateng), bahan baku yang tidak terlalu bernilai harganya, yakni dari sebuah batu bisa menjadi karya seni indah dan bernilai jual tinggi.

Hal itu seperti dilakukan Lilik Sulistiyono, produsen batu pahatan yang membuka usaha di Muntilan, Kota Magelang, Jateng, bernama sanggar pahat batu linang sayang.

Dari pantauan Lipautan6.com, Ahad (21/11), usaha kerajinan batu pahat milik Lilik ini mempekerjakan sebanyak 43 orang karyawan.

Menurutnya, barang hasil produksinya sudah diekspor hingga ke mancangara seperti Eropa, Asia, Afrika. Namun pascaletusan Merapi, peminat batu pahat menurun.

“Dampak terhadap pesanan customer kebanyakan dari mancanegara, dan kebanyakan orang bule. Kalau kondisi gini enggak mau dateng, kan mereka perhatian dengan kesehatannya. Jadi kurang, ada yang berani, tapi berkurang sekitar 40-60 persen utk tamu mancanegara,” kata pak Lilik.

Batu yang digunakan, lanjut Lilik, berjenis batu andesit, marmer, batu palimanan, atau batu kapur, atau batu putih, batu granit. “Ada juga batu lava stone. Ada tiga jenis yang warna hitam, abu-abu, dan agak-agak pink,” terang Lilik.

Tak hanya berbahan baku batu, tapi sanggar pahat Linang Sayang juga membuat kerajinan dari silika, fiberglass (serat kaca), perunggu, kayu, dan lain sebagainya.

Sementara kisaran harga jual hasil kesenian pahat di sanggar milik lilik bermacam-macam. “Kalau yang batu cetak ukuran kecil itu Rp 25 ribu, kalau batu pahat ukuran kecil itu Rp 150 ribu, itu sampai ratusan juta,” ucap Lilik. (MEL)

sumber : liputan 6 .com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: