Apresiasi seni budaya dan umkm sleman

Pendopo Kecamatan Godean menjadi sentral tempat penyelenggaraan kegiatan Sepekan Apresiasi Seni Budaya. Menurut Camat Godean Hadi Mulyono, tujuan acara ini digelar untuk pelestarian seni dan budaya daerah juga dimaksudkan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan yang akhir-akhir ini menurun. Dicontohkan oleh Hadi Mulyono perintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada hari berkabung nasional 30 September dan pengibaran bendera satu tian pada peringatan hari Kesaktian Pancasila tidak dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat.

Ditambahkan oleh Camat Godean kegiatan ini menumbuhkan dan meningkatkan jiwa patriotism dan cinta tanah air pada masyarakat Godean, selain itu untuk memupuk semangat kebersamaan di kalangan pemerintah kecamatan, pemerintah desa, para pengusaha dan masyarakat luas. Hal ini juga telah terbukti dengan partisipasi masyarakat dan pengusaha dengan dukungan baik berupa dana maupun tenaga untuk mendukung suksesnya acara.

Acara yang dilaksanakan Sepekan dibuka  Senin 10 Oktober diawali dengan lomba paduan suara lagu-lagu perjuangan, kemudian hari berikutnya lomba sesorah bahasa Jawa, mengenakan pakaian adat, sarasehan budaya, pentas kethoprak, pentas jathilan, pentas wayang dalang cilik dan wayang kulit semalam suntuk.

Pembukaan acara hari Senin, 10 Oktober oleh Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu, SS. M.Hum juga di dihadari oleh Ketua DPRD Sleman dan Kepala Desa Se wilayah Kecamatan Godean. Di area halaman kecamatan juga ditampilkan basar potensi produk UMKM meliputi kerajinan, batik, pertanian, makanan dan minuman olahan dll. Dalam acara pembukaan ini juga tampil paduan suara dari Muspika kecamatan godean dilanjutkan dengan kolaborasi pembacaan puisi, geguritan dan mocopatan hasil karya Tri Joko Satpono dari Kecamatan Godean.

Wakil Bupati Sleman yang membacakan sambutan bupati dalam acara pembukaan Sepekan Apresiasi Seni Budaya mengatakan saat ini sebagian seni budaya daerah hampir punah padahal kesenian budaya memiliki hal-hal positif yang terkandung di dalamnya untuk pembentukan moral. Karena itu apresiasi terhadap seni dan budaya sudah seharusnya dilestarikan. Seni budaya merupakan asset yang cukup potensial, bahkan asset seni budaya kita bisa dikembangkan dan diminati ke tingkat mancanegara.

Menurut Yuni sebagai bentuk apresiasi terhadap seni budaya bisa dilakukan dengan mengadakan sepekan apresiasi seni budaya setiap tahun dengan begitu diharapkan kesenian dan budaya daerah bisa terus dilestarikan agar tidak punah

sumber sleman kab.go.id

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: