Peluang bisnis batik sleman sampai ke mancanegara

jalinukm (sleman) :Batik tulis Sleman saat ini mampu menembus pasar internasional terutama di Jepang dan Amerika Serikat.

“Saya sengaja memperkenalkan batik Sleman di pasar internasional melalui sejumlah pameran, saat ini banyak negara yang mulai tertarik,” kata Bambang Sumardiyono, pemilik usaha wisata batik Nakula Sadewa di Sleman, Kamis (1/10).

Menurut dia, jika selama ini banyak dikenal batik Pekalongan, Yogyakarta maupun Solo, dirinya berupaya mempromosikan batik Sleman yang diproduksi di Kabupaten Sleman.

“Saya hanya berusaha memperkenalkan bahwa Sleman juga merupakan daerah produksi batik dan tidak kalah dengan batik dari daerah lain,” katanya.

Ia mengatakan, dalam setiap pameran yang digelar di sejumlah negara seperti Rusia, Latvia, Jepang, Jerman dan Amerika Serikat, ternyata apresiasi masyarakat terhadap batik Sleman sangat bagus.

“Berapa pun batik yang saya bawa pasti terjual, bahkan batik-batik yang digunakan untuk pameran juga ikut dibeli setelah pameran,” katanya.

Bambang mengatakan, saat ini permintaan batik di negara-negara tersebut cukup tinggi dan dalam satu bulan minimal omzet mencapai Rp200 juta.

“Batik kimono yang dipasarkan di Jepang saja untuk satu set bisa mencapai harga Rp75 juta,” katanya.

Ia mengatakan, untuk tetap mempertahankan pasar batik Sleman di pasar internasional dirinya tetap berusaha menjaga kualitas terutama penggunaan bahan pewarna alam.

“Mereka sangat menghargai penggunaan pewarna alami, sehingga kami tetap mengutamakan pewarna alam ini, apalagi kualitas warna lebih bagus dari pewarna sintetis atau zat kimia,” katanya

sumber suara merdeka

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: