Desain Motif Batik sleman dan pengembangan peluang bisnis

Jalinukm (sleman) : Batik tulis Sleman yang mulai dikenal di pasar lokal, nasional dan internasional saat ini terus dikembangkan motif dan pewarnaannya untuk memperkuat ciri khas dibandingkan batik dari daerah lain di Indonesia.

“Motif dan pewarnaan batik Sleman saat ini dikembangkan melalui berbagai improvisasi baik motif dasar maupun pewarnaan,” kata penggagas batik Sleman Bambang Sumardiyono, Senin.

Menurut dia ciri khas batik tulis Sleman saat ini baru berkisar pada motif gambar gajah dengan pewarnaan biru dan merah maron, ciri khas ini perlu dikembangkan lagi untuk memperkuat citra batik Sleman.

“Pengembangan ini meliputi gambar dalam motif batik, mungkin nanti tidak hanya gambar gajah tetapi gambar tanaman atau binatang yang menjadi unggulan Sleman,” katanya.

Menurut dia, sedangkan untuk pewarnaan tetap menggunakan warna alami dengan lebih berani menciptakan komposisi warna.

Ia mengatakan dirinya selama ini terus berupaya memperkenalkan batik Sleman baik di pasar lokal, nasional dan internasional karena batik Sleman memiliki ciri khas tersendiri.

“Jika selama ini masyarakat mengenal batik Yogya, batik Pekalongan atau batik Solo, maka kami mulai memperkenalkan batik Sleman. Kami sengaja memberi nama batik Sleman karena merupakan karya masyarakat Sleman dan memiliki ciri khas tersendiri,” katanya.

Bambang mengatakan pihaknya telah memperkenalkan batik Sleman sejak awal 2002 yang ternyata memiliki prospek cukup bagus.

“Minat masyarakat terhadap batik Sleman cukup bagus, baik di pasar lokal, nasional maupun internasional. Satu batik Sleman untuk bahan kimono di Jepang dapat dijual dengan harga antara Rp30 juta hingga Rp70 juta. Ini merupakan apresiasi yang bagus terhadap batik Sleman,” katanya.

Ia mengatakan tingginya harga batik Sleman di Jepang karena masyarakat di sana biasa memberikan bingkisan yang terbaik untuk orang-orang dekat mereka, dan mereka juga tidak mempermasalahkan harga.

“Ini berarti batik Sleman dimata mereka merupakan barang yang memiliki nilai sangat tinggi,” katanya.

menurut dia biasanya kimono batik ini diberikan para istri di Jepang untuk suami mereka karena mereka yakin dengan memberikan kimono batik keluarga akan harmonis,” katanya

sumber berita2.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: