Potensi bisnis ayam kabupaten magelang

Perkembangan populasi ternak unggas di  Kabupaten Magelang terbilang pesat, karena sejak awal daerah ini  memiliki sumber daya manusia yang ‘akrab dan setia’ menekuni kerja di sektor peternakan. Hal ini didukung pula oleh letak geografis Magelang yang dikelilingi pegunungan sehingga beriklim sejuk dan sesuai untuk budidaya unggas. Magelang juga terletak di pertengahan jalur distribusi produk-produk pertanian dari Semarang, Yogya dan Solo sehingga merupakan pasar terbuka.

Berbagai sentra peternakan ayam pedaging di wilayah kabupaten magelang adalah kecamatan srumbung, salam, muntilan, grabag dan borobudur.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Ir. Triyoga Pranata mempunyai program, agribisnis perunggasan di Kabupaten Magelang bertujuan meningkatkan kesejahteraan peternak unggas. Hal tersebut dilaksanakan melalui peningkatan pendapatan petani peternak unggas dan tercukupinya gizi masyarakat dari dukungan protein hewani asal unggas (daging dan telur), sebab produk asal unggas merupakan sumber protein termurah yang dapat dijangkau masyarakat.

 

Guna mendukung program ini, Dinas Peternakan melakukan berbagai pendekatan, antara lain melalui : pembentukan kawasan pengembangan ternak unggas. Untuk ayam ras dipusatkan di Kecamatan Salam, Ngluwar, Muntilan, Srumbung, Mungkid, Mertoyudan, Tempuran, Salaman, Bandongan, Secang, Ngrabag dan Kaliangkrik. Sedangkan untuk itik di Kecamatan Secang, Mertoyudan, Mungkid, Muntilan, Salaman, Bandongan, Windusari dan Tegalrejo. Dan untuk ayam buras tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

 

“Dinas juga memfasilitasi peternak untuk memperoleh kemudahan kredit serta memberikan pelatihan dan pembinaan bagi peternak. Disamping itu, kami berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peternak dan melakukan regulasi,” kata Triyoga.

 

Budidaya ayam ras yang sudah berskala industri telah dikelola oleh perusahaan besar dan para peternak mandiri, dengan manajemen yang modern pula. Karena itu Dinas Peternakan lebih memberi perhatian kepada peternak kecil yang umumnya melakukan usaha ayam buras.

 

Untuk mempercepat perkembangan ayam buras, Dinas Peternakan Magelang telah mengadakan program pengembangan Ayam Arab yang dilaksanakan sejak akhir tahun 2003.

 

“Kebijakan ini kami laksanakan atas dasar konsumsi protein hewani masyarakat Magelang yang baru mencapai 4,4 g/kapita/hari, masih jauh dari target konsumsi protein hewani nasional yaitu 4,9 gr/kapita/hari. Ini dapat dipacu dengan program perunggasan yang lebih menonjolkan ekonomi kerakyatan, yaitu budidaya unggas lokal seperti Itik Kalung yang merupakan unggas khas Magelang, budidaya puyuh dan Ayam Arab,” tambah Triyoga.

 

Pengembangan Ayam Arab ini merupakan program kerjasama Dinas Peternakan dan Perikanan dengan BKKBN, sebagai salah satu usaha peningkatan gizi keluarga. Bibit Ayam Arab didatangkan dari Kediri yang kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada setiap kepala keluarga (KK) yang tersebar di 10 desa dalam 7 kecamatan.

 

Masing-masing KK mendapatkan 20 butir telur, dengan asumsi ketika nanti sudah berkembang biak mereka harus mengembalikan 4 butir – terinci 1 butir untuk operasional, 3 butir untuk digulirkan kembali ke KK yang belum mendapatkan bibit ayam Arab — , sedang sisa produksi untuk konsumsi keluarga. “Dengan program ini, Dinas berharap selain bisa membantu masyarakat juga memberi motivasi bagi mereka untuk beternak sebagai usaha keluarga dalam upaya mengentaskan kemiskinan,” tutup Triyoga.

 

Sumber Poultryindonesia.com

    • faris ikmawanto
    • February 23rd, 2012

    saya faris magelang,dimana saya bisa dapatkat bibit puyuh petelur?makasih infonya bos.saya pemula

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: