Potensi pengembagan bisnis slak pondoh sleman

Salak yang melimpah merupakan produk andalan bagi kecamatan Turi. Namun saat produksi melimpah juga dapat menyebabkan harga salak jatuh di pasaran. Untuk menjaga kestabilan harga salak, maka kelebihannya dolah menjadi berbagai produk olahan makanan berbahan baku salak. Salah satu potensi yang tampil di anjungan Pemkab Sleman dalam PMPS 2010 ini adalah produk makan olahan pangan lokal. Tampil dalam label Asosiasi Pengolah Hasil Pertanian, UKM ”Bangun Tani” Desa Bangunkerto dan UMKM “Kerto Mandiri”, keduanya dari Kecamatan Turi, menyajikan produk olahan salak berupa dodol, gethuk, selai, sirup, dan kripik dari buah salak. Salak yang melimpah merupakan produk andalan bagi kecamatan Turi.

Kontak : Selai dan Sirup Salak Pondoh : 0817469855, (0274) 6581144

Saat produksi salak pondoh  melimpah di musim panen raya  dapat menyebabkan harga salak jatuh di pasaran. Untuk menjaga kestabilan harga salak, maka kelebihannya diolah menjadi berbagai produk olahan makanan berbahan baku salak. Bermula dari KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kecamatan Turi, yang melihat potensi ini dan menjadikannya sebagai peluang usaha. KIM Kecamatan Turi sebagai wadah sosial membantuk unit usaha produktif dengan label UKM ”Bangun Tani” dan UKM ”Kerto Mandiri”. Usaha ini tidak saja memberikan peluang usaha, menyerap tenaga kerja hingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Gethuk, dodol, selai, sirup salak pondoh  ini belum dikenal di masyarakat seperti halnya kripik salak yang sudah lebih dulu diproduksi. Dikemas secara apik serta menarik dengan label ”Alris” dan “Fresh”, produk ini tampil di PMPS 2010. Dengan harga yang murah dan terjangkau, berbagai produk olahan salak pondoh ini siap untuk dicicipi dan dibeli oleh pengunjung. Bagi masyarakat yang berminat bisa mengujungi anjungan Pemkab Sleman di arena PMPS 2010. Selain buah salak, kulit dan biji salak juga diolah menjadi produk aksesoris yang menarik. Kulit salak diolah menjadi gantungan kunci yang manis. Sedangkan biji salak yang dirajut menjadi bantalan jok kursi mobil. Kedua produk ini juga dipasarkan sebagai oleh-oleh dari Desa Wisata ”Kelor” kecamatan Turi. * * *

 

*** Humas Pemkab Sleman

Salak pondoh tersebar dari wilayah turi sleman sampai srumbung magelang. jika potensi pengembangan bisnis salak pondoh benar benar dikembangkan maka berefek luas terhadap kesejahteraan kawasan sekitar gunung merapi sebagai sentra penghasil salak pondoh (jalinukm)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: