Meningkatkan kompetensi UKM sekitar gunung merapi

Kabupaten Sleman kembali berperan serta dalam meramaikan pelaksanaan Pasar malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun utara Kraton Yogyakarta. Di arena PMPS 2011-2012 ini Kabupaten Sleman menampilkan berbagai macam produk UMKM Sleman sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menggrakkan ekonomi masyarakat.

Dengan mengikuti kegiatan PMPS ini Kabupaten Sleman ingin menginformasikan beragam potensi yang dimilikinya.Beberapa potensi yang ditampilkan Sleman dalam sekaten tahun ini diantaranya adalah potensi lereng Merapi yaitu berupa hasil pertanian dan pangan lokal. Produk yang ditampilkan yaitu salak pondoh, gading dan madu dari Asosiasi Salak Sleman ”Prima Sembada”, dodol, jamur, bakpia ubi ungu serta berbagai olahan criping, abon, peyek dan tepung lokal dari Asosiasi Pengolahan Hasil Pertanian ”Karya Sembada” serta tak ketinggalan jadah-tempe Kaliurang dan nasi kucing dengan variasi nasi merah dan nasi hitam lauk sambal teri dan oseng tempe.

Sleman juga kaya akan berbagai produk kerajinan. Di anjungan Sleman ditampilkan produk kerajinan batik jumput Kaliurang yang motifnya khas dari Sleman, bermacam produk kerajinan dan souvenir, kaligrafi pasir, aksesoris, kreasi tudung saji dan mebel dari bambu serta batu alam yang kesemuanya itu merupakan hasil produksi masyarakat Sleman. Ditampilkan pula produk khusus hasil produksi masyarakat lereng Merapi seperti kaos bergambar Merapi.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditampilkan adalah UMKM yang produknya berkualitas namun belum mengenal pasar.UMKM dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengenalkan, membuka dan memperluas pangsa pasar produknya. Meskipun efek promosi tidak bisa langsung dirasakan saat kegiatan ini berlangsung,  karena hasil promosi sifatnya jangka panjang.

UMKM peserta anjungan Sleman akan digilir selama 10 hari setiap periodenya agar semua pengrajin dapat tampil di arena PMPS ini. Pada giliran kedua nanti akan ditampilkan aneka batik lereng Merapi dan potensi batik Berbah, kerajinan dan alat tepat guna, produk olahan makanan serta berbagai hasil pertanian dari seluruh wilayah Kabupaten Sleman.

sumber sleman kab.go.id

Beberapa hal diatas merupakan pokok yang harus diapresiasi untuk mempererat jalinan antar ukm guna meningkatkan kompetensi ukm di daerah…jalinukm

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: