Kredit UKM Bank Mandiri

Bank Mandiri meningkatkan kredit sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui unit business banking yakni mencapai Rp 22,7 triliun pada Desember 2010 (unaudited) atau meningkat lebih dari 32% dibandingkan tahun 2009 yang mencapai Rp 17,1 triliun.

Group Head Business Banking Bank Mandiri Riduan di Jakarta, Minggu, mengatakan jumlah debitor business banking Bank Mandiri juga meningkat dari 13.490 debitor di 2009 menjadi lebih dari 15 ribu debitor pada akhir Desember 2010.

Dari jumlah tersebut, 49,2% debitor bergerak di sektor usaha perdagangan, 12,3% di sektor pertanian dan jasa dunia usaha sebesar 10,7%.

Pada tahun ini Bank Mandiri berencana membuka 23 kantor baru yang terdiri atas lima business banking centre, delapan business banking floor, dan 10 business banking desk.

Business Banking merupakan unit bisnis Bank Mandiri yang fokus menangani UKM.

Unit bisnis itu bertujuan menyalurkan kredit produktif berupa kredit modal kerja atau kredit investasi dengan batasan kredit di atas Rp 100 juta sampai dengan Rp 10 miliar.

Saat ini Bank Mandiri telah membuka 177 kantor layanan business banking di seluruh Indonesia yang terdiri atas 29 business banking centre, 65 business banking floor, dan 83 business banking desk.

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia, UKM juga mampu mengurangi angka pengangguran sekaligus juga meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Di sinilah peran perbankan sangat besar untuk membantu mendorong geliat dunia bisnis sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi nasional dan kami ingin lebih berperan aktif dalam mendukung pengembangan UKM melalui kemudahan akses dan pelayanan yang cepat,” kata Riduan.

Melalui penambahan jumlah kantor business banking di berbagai wilayah Indonesia dan membaiknya kondisi perekonomian Indonesia, Bank Mandiri optimistis dapat meningkatkan penyaluran kredit segmen UKM menjadi sebesar Rp 28 triliun hingga akhir tahun 2011. (gor/ant)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: