“Inovasi UKM ” Kertas dari Pohon pisang produk ukm sleman

Vibizdaily-Nasional)Kelompok usaha mikro kecil dan menengah Kerto Mandiri di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memproduksi kertas dari batang pohon pisang sebagai bahan baku industri kerajinan.

“Pembuatan kertas dari batang pohon pisang itu berawal dari kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang memiliki program mendukung pengembangan potensi lokal di Kecamatan Turi,” kata Sekretaris Kelompok Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kerto Mandiri Suharno, Senin.

Menurut dia, dipilihnya batang pohon pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas ini, karena bahan baku itu mudah diperoleh, dan cara pembuatan kertasnya juga mudah.

“Barang kerajinan yang dihasilkan dari kertas batang pohon pisang ini di antaranya tempat tisu, kap lampu, stop map, hiasan dinding, tutup gelas, dan beberapa barang lainnya,” katanya.

Ia mengatakan proses pembuatan kertas dari batang pohon pisang itu sangat mudah, yakni batang itu dijemur hingga kering, kemudian dicacah (dicincang) hingga halus.

Selanjutnya direbus hingga seluruh jaringannya larut dan halus. “Apabila serat-seratnya telah halus, kertas tersebut siap dicetak dan dijemur,” katanya.

Suharno mengatakan proses penjemuran memakan waktu dua hingga tiga hari, sehingga sangat tergantung dengan cuaca.

“Apabila ingin menggunakan warna, maka pewarnaan dilakukan pada saat perebusan. Untuk pewarnaan, perajin selalu berkonsultasi dengan mahasiswa UGM,” katanya.

Selain memproduksi berbagai macam barang kerajinan dari kertas batang pohon pisang, UMKM Kerto Mandiri juga memproduksi makanan olahan dari susu kambing peranakan Etawa (PE) berupa krupuk susu, susu bubuk kambing PE, permen dan dodol.

“Selain itu juga memproduksi berbagai macam makanan olahan dari salak pondoh yang merupakan hasil pertanian unggulan Kecamatan Turi,” katanya.

Ia mengatakan untuk mendukung pengembangannya, UMKM Kerto Mandiri sejak 2006 menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM ) YKPN Yogyakarta.

“Manfaat dari kerja sama itu, para pengusaha kecil yang tergabung dalam UMKM Kerto Mandiri memperoleh bantuan pinjaman modal dengan bunga rendah, dan agunan ringan,” katanya.

Menurut dia, fasilitas lainnya apabila ada anggota yang akan melakukan ekspor, pihaknya membantu dalam pengemasan, promosi, dan pemasaran. “Kami juga akan membantu apabila ingin mengikuti pelatihan,” katanya.

(ras/RAS/ant)

sumber http://vibizdaily.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: